Kamis, 29 Desember 2011

Mutasi Part 3

Agar Tak Menyesal Pindah Kerja

Oleh : Abu Majid
   Agak ragu ketika saya ingin membuat tulisan kecil ini, persepsi orang tentu berbeda-beda dalam menyimpulkan sebuah tulisan. Karena saya adalah salah satu karyawan yang pernah mutasi dari Pabrik ke non Pabrik, maka saya dapat merasakan perbedaan antara atmosfir di lingkungan Pabrik dan di luar Pabrik. Secara keseluruhan tak ada bedanya, dalam artian semua ada plus minusnya. Ada nilai tambah disatu sisi dan ada pengurangan disisi lainya. Tetapi ketika kita melihat lebih kepada sisi kontribusi kita sebagai karyawan tentu semua memang menjadi tak ada bedanya, semua karyawan yang pernah mutasi tetap berkarya untuk Pupuk Kaltim. Semua tergantung cara pandang masing-masing individu, apakah melihat dari sisi finansial, kepuasan atau lainya. Oleh karena itu, Sebelum anda mengatakan “Ya” untuk pindah dari satu bidang pekerjaan ke bidang lainya, pastikan terlebih dulu apa sebenarnya yang memotivasi anda untuk pindah, apakah Anda benar-benar menginginkan pekerjaan yang berbeda tersebut atau tidak. Jangan hanya karena pemikiran sesaat. Caranya, lakukan analisis kecil-kecilan terhadap jenis pekerjaan Anda sekarang dan analisis juga pekerjaan di tempat anda yang baru kelak. Apa saja yang harus Anda analisis?

1.  “Keuntungan”
      Tak dipungkiri, untuk kita yang sudah tak muda lagi berpindah pekerjaan sifatnya bukan lagi taraf coba-coba, semua harus dengan pertimbangan jauh matang dan memandang jauh kedepan. “ keuntungan” tidak selalu identik dengan penghasilan alias gaji. Besar kecilnya gaji di Pupuk Kaltim sudah ada aturan tersendiri. Perhatikan “keuntungan” apa saja yang akan didapat jika bekerja di tempat kerja baru. Mulailah dengan menganalisis seberapa cocok pekerjaan anda yang baru dengan jiwa anda. Pikirkan waktu untuk kebersamaan dengan keluarga. Apakah kemungkinan berkembang lebih terbuka atau sebaliknya
Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan sistem dan aturan yang bersifat spesifik ditempat kerja baru dan alat-alat yang Anda dapatkan untuk menunjang pekerjaan.

2.  Lokasi dan transportasi
     Perhatikan lokasi tempat kerja baru. Terutama bagi anda yang berkeinginan mutasi ke kantor perwakilan, bandingkanlah biaya transportasi pulang pergi dari tempat tinggal yang sudah anda miliki dengan kemungkinan Anda dapat mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan harga murah.
   Jika tidak ada kemungkinan Anda untuk mendapatkan tempat tinggal yang lebih dekat, hitunglah biaya yang Anda keluarkan untuk transportasi. Pastikan biaya tersebut masih dapat ditutupi dengan gaji dan konpensasi kepindahan anda. Pastikan juga Anda termasuk orang yang tidak mudah mengeluh akibat kondisi jalan yang macet, karena stres di pagi hari akibat kemacetan jalan dapat mempengaruhi mood bekerja. Selain itu, hitunglah berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk pergi dan pulang dari kantor.

3. Kesempatan berkembang
    Tidak ada seorang pun yang mau hanya berujung pada satu posisi dan tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan kualitas hidupnya, seperti telah saya singgung pada point 1. Jadi, jangan sungkan untuk menanyakan pada interviewer Anda, apakah pekerjaan yang akan anda tekuni memiliki kesempatan yang besar untuk mengembangkan potensi diri dan kesempatan untuk naik jabatan.

4.  Lingkungan kerja
     Anda akan bekerja selama 9 jam selama 5 hari setiap minggu, hari sabtu dan minggu anda wajib masuk kantor jika diperlukan atau bahkan suatu ketika anda harus lembur sampai pagi. Itu berarti Anda menghabiskan hampir seluruh waktu Anda di kantor. Karena itulah, ada baiknya pastikan apakah lingkungan kerja di kantor baru cocok dengan Anda. Lihatlah lingkungan kerja dari dress code, budaya kerja (menuntut kerja cepat atau dapat dilakukan dengan santai, hirarki atau lebih demokratis), apakah visi dan misi perusahaan cocok dengan Anda, kekeluargaan, kerja tim atau individu.
    Pasti akan sulit mengetahui lingkungan kerja dari interview yang sifatnya sangat formal. Namun, Anda dapat menanyakan pengalaman kerja pada pekerja yang sudah terlebih dahulu “duduk” disana sebelum anda benar-benar di tempat  kerja tersebut.

5. Keamanan kerja
    Sebagai pekerja sangatlah penting untuk mengetahui sistem keamanan ditempat kita bekerja. Ya meskipun di Pupuk kaltim resiko kerja seolah hanya di bagi dua, Pabrik dan Non Pabrik, tetapi tetap saja sebagai manusia yang akan menjadi tua, anda patut memperhitungkan resiko dari pekerjaan anda.
 6. Di mana Anda akan berada sepuluh tahun mendatang?
     Jika semua telah Anda analisa, waktunya bertanya pada diri Anda sendiri. Apa yang Anda ingin capai sepuluh atau duapuluh tahun mendatang? Memang terdengar klise, namun ini penting untuk mengetahui apakah pekerjaan yang ditawarkan dapat membawa Anda pada tujuan hidup Anda. Inilah kesimpulan dari kelima point diatas.

    Nah sobat, jika semua sudah cocok, maka saatnya anda maju. Anda akan mencintai pekerjaan baru ini dan akan lebih mudah mencapai apa yang anda inginkan........ (Abu Majid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar